Ads Here

Kamis, 18 Januari 2018

Pengertian Dan Cara Kerja Motor 2 Tak









Mekanik Kendaraan - Pengertian Dan Cara Kerja Motor 2 Tak
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh0XC0tAjRrDSJG4u-cuNF8dxg2s1iEMAG6oOHHpyJinxxUh-WVjpmE1Ry0r4347fXjhouwmmF1Bq9ZEMLFVs6zRMjwdevmgJLKli9kgzHWKDI71f5Qi8ueGKwjmIJZUcvW88B06dJM4KU/s1600/cara-kerja-motor-2-tak.png



Motor 2 Tak adalah Motor bakar yang memiliki 2 langkah kerja dalam satu kali putaran dan menghasilkan 1 usaha. Motor 2 Tak ini menghasilkan tenaga yang lebih besar di bandingkan dengan Motor 4 Tak, karena 1 kali putaran sudah mengasilkan 1 langkah usaha sedangkan Motor 4 Tak 2 kali putaran baru menghasilkan 1 langkah usaha.


Langkah Pertama
Piston bergerak dari TMA ke TMB.
1.   Pada saat piston bergerak dari TMA ke TMB, maka akan menekan ruang bilas yang berada di bawah piston. Semakin jauh piston meninggalkan TMA menuju TMB, tekanan di ruang bilas semakin meningkat.
2.   Pada titik tertentu, piston (ring piston) akan melewati lubang pembuangan gas dan lubang pemasukan gas. Posisi masing-masing lubang tergantung dari desain perancang. Umumnya ring piston akan melewati lubang pembuangan terlebih dahulu.
3.   Pada saat ring piston melewati lubang pembuangan, gas di dalam ruang bakar keluar melalui lubang pembuangan.
4.   Pada saat ring piston melewati lubang pemasukan, gas yang tertekan dalam ruang bilas akan terpompa masuk dalam ruang bakar sekaligus mendorong gas yang ada dalam ruang bakar keluar melalui lubang pembuangan.
5.   Piston terus menekan ruang bilas sampai titik TMB, sekaligus memompa gas dalam ruang bilas masuk ke dalam ruang bakar.


Langkah kedua
Piston bergerak dari TMB ke TMA.
  1. Pada saat piston bergerak TMB ke TMA, maka akan menghisap gas hasil percampuran udara, bahan bakar dan pelumas masuk ke dalam ruang bilas.
  2. Saat melewati lubang pemasukan dan lubang pembuangan, piston akan mengkompresi gas yang terjebak dalam ruang bakar.
  3. Piston akan terus mengkompresi gas dalam ruang bakar sampai TMA.
  4. Beberapa saat sebelum piston sampai di TMA, busi menyala untuk membakar gas dalam ruang bakar. Waktu nyala busi sebelum piston sampai TMA dengan tujuan agar puncak tekanan dalam ruang bakar akibat pembakaran terjadi saat piston mulai bergerak dari TMA ke TMB karena proses pembakaran sendiri memerlukan waktu dari mulai nyala busi sampai gas terbakar dengan sempurna.

Motor 2 tak mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan. Silahkan baca di KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MOTOR 2 TAK


Penulis : Agung Yudisaputro
Terima kasih sudah berkunjung


Tidak ada komentar:

Posting Komentar